Manfaat dan Jenis Karton Box yang Harus Anda Ketahui

Karton box atau lebih dikenal dengan istilah kardus ini merupakan suatu wadah dengan berbagai ukuran yang digunakan untuk menyimpan barang tertentu. Misalnya kardus roti, kardus snack, paper box, kardus makanan dan lain-lain.

Pada umumnya warna kardus dominan coklat cerah dan putih. Namun ada juga kardus dengan warna lain yang biasanya dibuat sesuai permintaan konsumen.

Sedangkan bentuknya berupa balok atau kotak yang bisa melindungi isinya dengan baik jika diletakkan dengan benar di dalam box.

Manfaat Kardus

Karton box sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik di perkantoran maupun rumah tangga. Terlebih lagi yang berhubungan dengan barang-barang seperti pakaian, buku, mainan dan barang lain yang mempunyai batas periode pemakaian. Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan kardus, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Mengemas Barang

Karton box

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah bisa digunakan sebagai tempat untuk mengemas barang-barang tertentu. Misalnya saja perusahaan yang menggunakan kardus untuk menyimpan file atau berkas yang sudah tidak digunakan. Atau kardus yang digunakan sebagai wadah untuk berbagai produk yang akan dikirim ke dealer atau konsumen.

Selain itu, kardus juga bermanfaat untuk menyimpan barang yang sudah tidak Anda gunakan namun sayang untuk dibuang. Sebut saja mainan anak, buku pelajaran, pakaian lama yang masih layak pakai dan lain-lain.

2. Tempat Penyimpanan yang Ramah Lingkungan

Karton box

Dari berbagai bahan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang seperti plastik dan yang lainnya, kardus merupakan salah satu wadah yang ramah lingkungan. Kardus aman digunakan karena terbuat dari kertas yang merupakan salah satu produk dari bubur tanaman. Sedangkan bahan plastik jika terbuang akan menyebabkan polusi karena butuh waktu lama untuk proses penguraiannya.

3. Bahan Pembuatan Karya Seni

Karton box

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, kardus juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Terutama bagi Anda yang memiliki daya kreasi untuk menciptakan suatu kerajinan yang berkualitas. Misalnya saja kerajinan membuat boneka, furniture mini yang unik, rumah-rumahan, mainan dan lain sebagainya.

Jenis Bahan Kardus

Terdapat beberapa jenis bahan yang digunakan dalam membuat kardus. Bagi Anda yang membutuhkan kardus untuk mengemas barang-barang ringan, Anda bisa memesan kardus dengan bahan yang murah. Sedangkan untuk Anda yang ingin mengemas barang berat, bisa memilih kardus dengan jenis bahan yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Adapun jenis bahan kardus terdiri dari:

  • Single Face

Karton box

Sesuai dengan namanya, bahan kardus yang satu ini hanya terdiri dari satu lapisan saja.

  • Single Wall / 3 Play / 3 Lapis Kertas

Karton box

Ciri dari kardus single wall adalah bahannya yang tipis dan terdapat 3 lapisan yang terdiri dari lapisan bawah, lapisan atas dan lapisan tengah yang bergelombang. Kardus jenis ini biasa digunakan untuk pengemasan barang yang ringan sampai sedang, yaitu kisaran 0,1 kg sampai 20 kg. Contoh barang yang dikemas menggunakan kardus single wall adalah mainan, minuman, makanan, barang elektronik dan sebagai pelapis pembatas.

  • Double Wall / 5 Play / 7 Lapis Kertas

Karton box

Kardus double wall ini memiliki ketebalan 7 mm dan terdiri dari 7 lapis susunan kertas, yaitu 4 lapisan datar yang tiap bagiannya diselingi dengan lapisan bergelombang. Kardus ini digunakan untuk mengemas barang yang masuk dalam kategori sedang sampai berat, yaitu kisaran 20-50 kg. Perusahaan memilih menggunakan kardus jenis ini untuk mengirim produk ke luar negeri atau antar kota karena bahannya yang tebal dan kuat.

  • Triple Wall / 7 Play / 10 Lapis Kertas

Karton box yang berikutnya memiliki ketebalan 10 mm dengan 10 lapisan datar dan bergelombang. Anda bisa memesan kardus triple wall ini jika ingin mengemas barang yang sangat berat. Seperti halnya double wall, kardus triple wall juga termasuk jenis kardus yang digunakan untuk barang yang akan di ekspor keluar negeri.

Jenis Kertas

Adapun jenis kertas yang digunakan untuk bahan kardus adalah sebagai berikut:

  • White Kraft, berwarna putih
  • Kraft, berwarna coklat terang
  • Schranz atau medium, berwarna abu-abu/kusam
  • Halbzellstoff
  • Wellenstoff
  • Vevojav
  • TechniFluteā„¢

Tips Memilih Kardus

Dalam memilih kardus tidak hanya berdasarkan ukurannya yang besar atau tampilan desainnya yang menarik. Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan kardus yang sesuai dengan keinginan Anda, baik dari segi ukurannya maupun dari bentuknya yang unik.

Anda juga bisa menentukan sendiri bentuk kardus seperti apa yang Anda inginkan kepada produsen kardus. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih kardus, berikut ini tips memilih kardus yang murah dan terbaik.

  • Ukuran Kardus

Karton box

Tips pertama dalam memilih kardus yang tepat adalah dengan menentukan ukuran kardus yang dibutuhkan. Kardus yang besar tidak menjamin bahwa kardus tersebut bagus. Namun yang menentukan adalah pemilihan ukuran kardus yang disesuaikan dengan produk atau barang yang akan dikemas.

  • Ketebalan Kardus

Single Wall / 3 Play / 3 Lapis Kertas

Sebelum melakukan pemesanan, ketahui terlebih dahulu barang atau produk apa yang akan Anda kemas. Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan berapa ketebalan kardus yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih single wall untuk barang yang ringan atau double wall untuk barang yang berat. Pertimbangkan dengan matang sebelum melakukan pilihan karena terdapat selisih harga yang lumayan antara kedua jenis kardus tersebut.

  • Desain Kardus

Karton box

Tips yang berikutnya dalam memilih kardus adalah desain kardus yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, mulai dari yang bentuknya biasa sampai dengan bentuk kardus yang unik. Desain unik ini bisa meliputi apa saja, misalnya bentuk, warna, ukuran, bahan material dan lain-lain. Biasanya pemilihan desain yang unik tersebut difungsikan sebagai daya tarik agar konsumen mau membeli produk yang dikemas tersebut.

  • Label Kardus

Karton box

Penting bagi Anda untuk mempunyai kardus dengan label tertentu yang berfungsi sebagai pemberitahuan atau peringatan bagi yang melihat kardus tersebut. Beberapa macam label yang biasanya diletakkan pada permukaan kardus adalah:

  • Label peringatan, misalnya label jangan dibanting, jangan ditumpuk, awas barang pecah belah dan lain sebagainya.
  • Label informasi, misalnya informasi mengenai spesifikasi barang yang terdapat kardus sepatu seperti warna, ukuran, merek dan lain-lain.
  • Label customize sesuai kebutuhan, misalnya label yang digunakan untuk arsip kantor.

Sebelum melakukan pemesanan karton box yang unik atau customize, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis bahan dan jenis kertas yang digunakan untuk membuat kardus tersebut. Anda bisa mendapatkan kardus yang sesuai dengan selera dan juga budget Anda dengan mengikuti tips yang tersedia di atas. Pilihlah produsen yang tepat seperti Aurapack.id yang terbukti berpengalaman dan menyediakan berbagai jenis kardus yang bisa Anda pilih. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kardus dengan model unik yang sesuai kebutuhan Anda dan dengan harga yang terjangkau.

Open chat
1
Chat Admin
Hallo, silahkan chat admin untuk bantuan
Powered by