Laminasi yang Dibutuhkan pada Kemasan Box Nasi/Makanan

Box nasi menjadi hal yang penting saat menjalankan bisnis di bidang makanan. Kemasan makanan ada banyak fungsinya. Oleh karena itu, kemasan harus dibuat dengan bagus agar lebih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu hal yang terpenting ketika membuat cetak kemasan nasi jadi lebih menarik adalah proses akhir dari pengemasan. Proses tersebut adalah laminasi, berikut ini pembahasannya.

1. Penggunaan laminasi pada kemasan makanan

Box nasi

Produk makanan ada banyak macamnya. Untuk mempercantikkan tampilan dari produk makanan tersebut diperlukan desain dan penambahan lainnya. Salah satu proses yang bisa dilakukan ketika ingin menambah tampilan dari kemasan adalah laminasi. Contoh penerapan laminasi yaitu pada Kotak nasi.

Proses laminasi ini bisa dilakukan bisa juga tidak. Pemilik bisnis bisa melakukan proses laminasi untuk meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Pemilik produk dapat menentukan jenis laminasi yang ingin digunakan. Dengan demikian, proses laminasi bisa lebih berguna.

2. Fungsi dari laminasi

Box nasi

Laminasi biasa digunakan untuk bermacam keperluan. Salah satunya untuk lapisan kotak makanan. Penggunaan laminasi yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Laminasi pada dasarnya berguna untuk pelindungan hasil cetakan.

Cetakan yang sudah diberi laminasi akan lebih tahan ketika terkena air. Laminasi juga biasa berguna untuk mencegah kerusakan pada cetakan ketika terkena terpaan panas matahari. Pelapisan tersebut akan berguna untuk mencegah cetakan luntur atau memudar. Kegunaan lainnya adalah cetakan akan lebih bertekstur sehingga berbeda dengan cetakan pada umumnya.

Pembuatan laminasi bisa digunakan untuk banyak keperluan. Laminasi bisa digunakan sebagai pelapis untuk kotak makanan seperti, kotak nasi, kue, martabak, roti bakar, dan lain sebagainya. Produk makanan tersebut akan sangat berguna untuk menjaga makanan tetap dalam kondisi yang baik. Serta membuat kemasan produk jadi makin menarik.

3. Jenis laminasi

Box nasi

Laminasi pada dasarnya ada banyak macamnya. Laminasi doff merupakan salah satu jenis laminasi yang paling sering digunakan untuk kemasan makanan. Laminasi ini bisa memberikan kesan matte dan tidak mengkilap. Laminasi ini akan terlihat bagus ketika digunakan pada warna gelap. Selain digunakan pada kemasan produk makanan laminasi jenis ini juga dipakai untuk sampul majalah, undangan pernikahan, sampul buku, dan lain sebagainya.

Jenis laminasi yang juga sering dipakai untuk lapisan pada kemasan makanan adalah laminasi glossy. Lapisan ini biasanya berupa lapisan yang menyerupai plastik yang dipakai untuk melapis kertas kemasan makanan yang telah diberi cetakan. Lapisan ini bisa memberikan kesan yang mengkilap pada kemasan. Selain itu, tekstur dari kemasan yang diberi lapisan ini akan terasa lebih licin. Lapisan ini juga tahan air sehingga sering juga digunakan pada box nasi.

Laminasi jenis ini memang termasuk jarang digunakan. Jenis laminasi ini bisa membuat cetakan kemasan makanan jadi lebih tebal. Laminasi ini memberikan kesan mengkilap dan bersinar saat terkena cahaya. Jenis laminasi ini biasanya tidak digunakan pada seluruh permukaan kemasan melainkan hanya pada bagian tertentu saja. Lapisan ini bisa dipergunakan pada bagian huruf pada kemasan makanan sehingga hasil tulisannya jadi menonjol dan mengkilap.

Laminasi window biasanya dipakai untuk mencetak kemasan kotak roti atau kue. Pada bagian tertentu dari kotak kue akan dibuat lubang, pada bagian lubang tersebut akan diberi lapisan plastik yang tipis. Hal ini akan membuat kue di dalam kemasan bisa terlihat sekalipun tidak membuka kemasan. Jenis laminasi ini memang terlihat seperti jendela ketika digunakan pada kemasan makanan.

4. Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan laminasi

Box nasi

Laminasi pada kemasan makanan memang bisa membuat tampilan jadi makin menarik. Penggunaan kemasan ini bisa membuat tampilan kertas jadi terlihat lebih bagus. Laminasi ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan termasuk lapisan untuk kemasan makanan. Saat ingin menggunakan laminasi sebagai pelapis kemasan. Pastikan jenis kertas yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari pengemasan.

Proses laminasi untuk kemasan produk tentu saja membutuhkan biaya tambahan saat proses produksi kemasan. Saat akan menggunakan laminasi, pahami dahulu anggaran yang dibutuhkan untuk proses laminasi. Jenis laminasi tertentu harganya mungkin lebih mahal dibandingkan jenis lainnya. Jadi sesuaikan anggaran produksi dengan laminasi yang diperlukan.

Laminasi kemasan produk bisa dipergunakan untuk kemasan makanan agar terlihat lebih bagus. Hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan laminasi adalah model dari kemasan. Bentuk kemasan dan desain tertentu bisa saja berpengaruh pada jenis laminasi yang akan digunakan. Kemasan dengan model kotak sering jadi pilihan untuk diberi laminasi.

Laminasi merupakan salah satu proses yang berguna untuk meningkatkan kualitas dari pengemasan makanan. Kemasan dengan lapisan pada permukaannya bisa menjadi cara untuk membuat tampilan produk lebih bermanfaat dan memiliki nilai lebih. Bagi yang tertarik dengan pengemasan produk terutama untuk box nasi bisa mencari info dan memesan di indokartonbox.co.id. Di sana banyak menyediakan pilihan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya terkait: Tips Membuat Kemasan Kotak Nasi Agar Tidak Salah Pesan

Open chat
1
Chat Admin
Hallo, silahkan chat admin untuk bantuan
Powered by