Pembuatan Box Corrugated / Kardus

 In Corrugated

Berbicara mengenai kardus / karton box mungkin orang pada tahu semua, barang yang biasa digunakan untuk membungkus produk-produk hasil pabrik ini.

Oh iya, kardus kalau bahasa pabriknya itu adalah bahan corrugated, bahan ini memiliki warna yang umumnya adalah coklat, kemudian atasnya bisa kita labeli sesuai dengan produk yang kita miliki.

Contoh umumnya kardus ini adalah Box Aqua atau air mineral, pasti untuk mengamankan produknya mereka memakai box corrugated ini. Selain Aqua dalam hal AMDK ada merek seperti Club, Cleo, Ades, Aquase, dll.

Sekarang ini sudah banyak sekali AMDK (Air Mineral Dalam Kemasan) yang beredar secara umum, namun memang pangsa pasar cenderung masih dimiliki oleh brand brand besar seperti : Aqua, Club, Cleo, dll.

Ngomong-ngomong tentang brand Aqua, sudah tahukah kalian bagaimana perjalanan bisnis usaha Aqua ini?

Jika belum, yuk kita ulas bersama bagaiamana perusahaan Aqua terbangun hingga besar seperti sekarang ini.

box corrugated AMDK

Awal Kisah Terbentuknya Aqua

Pada tahun 1970an produk tentunya belum ada produk berkeliaran seperti Aqua, bahkan Aqua sendiri pun belum terbentuk pada masa itu. Kalaupun ada itu adalah produk hasil impor dari luar negeri dan yang mengkonsumsipun tidak semua orang, hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya, karena pada waktu itu produk AMDK sangatlah eklusif belum familiar untuk rakyat biasa.

Pendiri Aqua adalah Bapak Tirto Utomo, seorang asli Wonosobo yang pernah bekerja di Pertamina. Awal kisahnya adalah pada saat pak Tirto ini bekerja di Pertamina, ia seringkali kedatangan tamu dari luar negeri dan untuk memberi suguhan minum ia kesulitan untuk mencari AMDK untuk tamunya pada waktu itu. Oleh karena itu ia melihat peluang di Sini dan ia segera mencetuskan idenya itu.

Sebelum membuat perusahaan ini, ia terlebih dahulu mendalami ilmu tentang pengolahan air, dan ia juga menyuruh adiknya yang bernama slamet utomo untuk magang terlebih dahulu ke perusahaan AMDK Polaris di Thailand. Setelah itu barulah mereka mendirikan perusahaan air mineral.

Dan pada tahun 1973 di bawah bendera PT Aqua Golden Missisipi ia mendirikan usaha ini, dan pada saat itu mereknya belumlah Aqua melainkan “Puritas” namun nama ini dirasa terlalu sulit untuk dilafalkan sehingga merek Puritas hanya bertahan selama 2 tahun saja kemudian digantikan dengan brand Aqua.

Muncul dengan nama dagang Aqua serasa membawa hoki, pada mulanya Aqua diproduksi menggunakan kemasan botol dan dijual dengan harga Rp 75 / botol, harga itu lebih mahal dari sebuah bensin 1 liter pada waktu itu yang berkisar Rp. 46/liter. Dengan harga seperti itu, tentu sudah kalangan atas sajalah yang biasa membelinya.

Berkembang Hingga Produksi 25 Miliar Liter/ tahun, dan Berjuta-juta Karton Box Corrugated Tersebar di Indonesia

kardus aqua

Dengan pesatnya pertumbuhan perkotaan di masa itu membuat produk Aqua kian marak diserbu konsumen, tentulah ini dikarenakan sumber air bersih yang semakin hari semakin berkurang, sehingga masyarakan membutuhkan air mineral yang praktis serta bersih dan sehat.

Dan pada tahun 2000an muncullah berbagai industri AMDK yang lainnya, mereka menginginkan pasar yang terbuka lebar dan menginginkan kesuksesan sepertihalnya produk Aqua.

Dan saat ini produk AMDK terdapat di mana-mana, setiap toko, minimarket / swalayan pastilah kita melihat box-box kardus Aqua tersusun rapih di toko siap untuk dibeli konsumen.

Dan di tahun 2015 tercatat produksi Aqua menyentuh angka yang fantastis yaitu 25 Miliar liter pada tahun itu dan berjuta-juta karton box tersebar, tentulah ini sebuah kepuasan tersendiri bagi perusahaan Aqua yang berdiri tahun 1973 ini. Tentunya dengan jerih payah yang keras untuk membesarkan perusahaan sebesar ini.

Ternyata manis tak selalu manis, dengan maraknya produk-produk AMDK yang beredar membuat kita semakin resah akan eksploitasi alam yang berlebihan hingga membuat alam sendiri bisa menjadi rusak jika perusahaan hanya menikmati hasilnya saja, tanpa ada proses pembaharuan alam.

Semoga kita semua sadar akan pentingnya keseimbangan untuk menjaga kelestarian alam ini tetap berlangsung, hingga anak cucu kita nanti bisa mendapatkan manfaat dari alam yang sudah dianugerahkan Tuhan untuk kita semua.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

pesan kardus kemasan