Sejarah Panjang Perjalanan McDonald’s Menjadi Raksasa Fastfood Dunia

 In lifestyle

Siapa yang tak kenal dengan McDonald atau biasa disebut McD? McDonald merupakan restoran franchise paling terkenal dan sukses yang menyajikan makanan cepat saji modern di dunia. Menunya yang paling banyak digemari sejagad raya adalah hamburger, kentang goreng dan softdrink menggunakan box kemasan makanan yang menarik.

Yuk, Ikuti Kisah Perjalanan Mc Donald’s

Sejarah Mcdonald’s dibangun oleh dua bersaudara yaitu Richard McDonald yang memiliki panggilan Dic dan Maurice McDonald yang memiliki panggilan Mac. Keluarga McDonald pindah dari Manchester, Inggris ke California, Amerika Serikat pada akhir tahun dekade 1930.

Di kota ini, Dic dan Mac McDonald memulai karir sebagai pengatur setting film dan kameramen di Motion-Picture studio. Pada tahun 1937, ayah mereka, Patrick McDonald membuka The Airdrome, sebuah restoran makanan di Huntington drive dekat dengan Bandara Monrovia, California.

Restoran ini pertama-tama menjual hotdog, kemudian mereka menambahkan hamburger dengan jus jeruk.

Pada tahun 1940, Dic dan Mac McDonald memindahkan restoran ayahnya sejauh 64 kilometer ke timur, ke San Bernardino, California, dan mengganti namanya menjadi McDonald’s Bar-B-Que. Restoran ini menyajikan 25 menu yang mayoritas adalah barbekyu.

Mereka memperkenalkan “Speede Service System” pada tahun 1948 yang kemudian menjadi prinsip dasar restoran siap saji modern. Sistem ini juga didukung dengan kemasan makanan yang menarik berupa dus box fried chicken, box makanan burger, dan gelas plastik softdrink.

Hamburger / Burger Menu Andalan

Pada tahun 1948, Dic dan Mac McDonalds bersaudara menyadari bahwa keuntungan yang diperoleh paling banyak dari penjualan hamburger. Kemudian mereka menyederhanakan menu dengan menjual menu yang lebih sederhana diantaranya adalah hamburger, cheeseburger, kripik kentang, roti apel, kopi dan minuman ringan. Setelah setahun berjalan, kripik kentang dan roti apel diganti dengan kentang goreng dan milkshake.

Pada tahun 1952, Dic dan Mac McDonald memiliki visi untuk peningkatan efisiensi dan produk yang menarik. Kemudian mereka membangun restoran baru dengan Stanley Clark Meston sebagai arsiteknya.

Mereka juga menambahkan peralatan memasak yang akan meningkatkan efisiensi sehingga konsumen tidak harus menunggu dalam waktu lama.

Selain itu mereka juga memperhatikan penampilan produk. Diantaranya adalah dengan membuat box makanan unik dan menarik. Box makanan unik tersebut dipesan di perusahaan di California yang dapat cetak box makanan dengan harga yang murah.

Untuk menambah minat pembeli, McDonald mencoba membuat maskot. Pada awalnya McDonald membuat maskot dengan bentuk seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi joki, ia dinamai Speede. Namun, pada tahun 1963, Speede kemudian digantikan oleh maskot yang ikonik hingga saat ini yaitu Ronald McDonald.

Baca Artikel Lainnya : Rahasia Bisnis KFC yang Mendunia

Pemilik Mc Donald’s Bertemu Dengan Sang Visioner

Pada tahun 1954 Ray Kroc, seorang pengemudi ambulans Palang Merah yang telah bekerja sebagai sales di Prince Castle, sebuah perusahaan yang menjual alat masak, dikejutkan dengan datangnya pesanan jumlah besar berupa 8 multi-mixer minuman dari sebuah restoran di San Bernardino California.

Rasa penasarannya kemudian menuntuntunnya untuk datang dan melihat restoran McDonald’s. Di sana ia menemukan sebuah restoran yang berskala tidak terlalu besar namun terbilang sukses yang dikelola oleh Dic dan Mac McDonald.

Kroc kemudian percaya bahwa restoran McDonald’s adalah tiket untuk menuju kesuksesan, sehingga ia menyampaikan ide cemerlangnya kepada McDonald bersaudara bahwa ia ingin membuka cabang McDonald’s ke seluruh Amerika.

box makanan burger

box makanan burger

Awalnya, McDonald bersaudara ragu dengan ide Kroc karena perbedaan suhu dan kelembaban lingkungan di berbagai daerah. Kroc meyakinkan dengan mengatakan akan bertanggung jawab penuh atas semua cabang baru yang akan dibuka. Awalnya Kroc membuka cabang restoran McDonald’s pada 15 April 1955 di Des Plaines, Chicago.

Meskipun Dic dan Mac McDonald memulai bisnis pada tahun 1940, namun tahun tersebut tidak digunakan sebagai tahun kelahiran McDonald’s. Mereka lebih memilih tanggal 15 April 1955 sebagai tahun kelahiran McDonald’s.

Pada tanggal tersebut Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald’s dari Dic dan Mac McDonald dan membuat McDonald’s Corporation. Kroc membeli lisensi McDonald’s setelah mengetahui bahwa lisensi restoran McDonald’s dimiliki oleh Frejlach Ice Cream Company.

Kroc membelinya dengan harga empat kalinya yaitu 25 ribu dollar atau 225 ribu dollar bila dihitung saat ini. Setelah membeli lisensi dan saham perusahaan, Kroc kemudian melakukan ekpansi ke seluruh Amerika.

Ekspansi berjalan lambat pada tiga tahun pertama, pada tahun 1958 terdapat 34 restoran McDonald’s dan pada tahun 1959 telah terdapat 68 restoran baru dengan total ada 102 restoran McDonald’s di seluruh Amerika Serikat.

Kesuksesan Dicapai Berkat Keyakinan

kemasan burger

Pada tahun 1960an, McDonald’s telah berhasil menjual 100 juta hamburger di seluruh Amerika, tentu mereka memakai promo-promo McDonald yang populer dengan kuponnya.

Dan juga ini tak lepas dari ide cemerlang iklan produk McDonald’s. Kroc percaya bahwa iklan adalah investasi yang akan mengahsilkan keuntungan berlipat dan iklan selalu memegang peranan kunci dalam pengembangan restoran McDonald’s.

Pada tahun 1961, Kroc membeli restoran McDonald’s dari Dic dan Mac McDonald senilai 2,7 juta dollar untuk mewujudkan cita-citanya menjadikan rantai franchise makanan di seluruh Amerika Serikat.

Saham McDonald’s mulai dijual kepada publik tahun 1965 dengan penawaran 22,5 dollar tiap lembarnya. Di hari pertama harga sahamnya naik hingga mencapai 30 dollar per lembarnya.

Pada tahun tersebut telah ada lebih dari 700 restoran di seluruh Amerika dengan sistem franchise yang mempertahankan kualitas dan layanan serta terus mempercantik kemasan makanan.

Tak banyak yang tahu Kroc mulai bangkit dari awal yang sederhana dengan termasuk menjadi salesman gelas kertas dan juga musisi jazz. Sehingga tak heran jika Kroc menentukan standart dari produk McDonald termasuk menu, ukuran porsi, bahan makanan, sajian makanan, box makanan, dan gelas softdrink.

cetak box burger

Perjalanan sukses Kroc berawal dari sebuah ide untuk membangun jaringan restoran yang identik dengan kualitas tinggi, konsistensi dan metode produksi yang seragam. Karena sistem yang dibuat oleh Kroc proses produksi restoran McDonald’s menjadi lebih efisien dan mudah dipelajari, bahkan oleh karyawan baru yang belum terampil memasak.

Kisah Kelam McDonald’s Dibalik Kilau Kesuksesannya

Meskipun sukses melakukan ekspansi ke Amerika, namun tak banyak yang tahu bahwa McDonald’s juga memiliki kisah kelam.

Kisah itu terjadi disebabkan oleh para pendirinya yaitu Ray Kroc dengan Dic dan Mac McDonald. Dalam kisah hubungan pertemanan mereka, sempat terjadi pertikaian antara McDonald bersaudara dengan Kroc lantaran sifat Kroc yang agresif.

Saat itu terjadi pertikaian dalam hal kesepakatan mengontrol bisnis, namun akhirnya McDonald bersaudara yang mundur meninggalkan McDonald’s Corporation. Pertikaian ini didokumentasikan dalam otobiografi Kroc maupun McDOnald bersaudara. Dan tempat di mana restoran McDonald’s pertama kali didirikan telah menjadi monumen.

Pada tahun 1974, Kroc memutuskan untuk pensiun dari posisinya sebagai Chief Executive Officer atau CEO McDonald’s dan mulai fokus ke hobinya yaitu olahraga bisbol.

Roy Kroc meninggal dunia pada tahun 1984 pada umur delapan puluh satu tahun, tepat sepuluh bulan sebelum restoran McDonald’s menjual hamburger yang ke 50 milyar.

box burger

box kemasan burger

Bagaimana Kisah McDonald’s Mulai Merambah di Indonesia

Di Indonesia McDonald’s telah menyediakan hamburger sejak tahun 1991, atau kurang elbih sudah sejak dua puluh tujuh tahun yang lalu. Indonesia menjadi negara ke tujuh puluh yang memiliki restoran McDOnalds.

Hak master franchise McDonalds di Indonesia pertama kali di pegang oleh Bambang N Rachmadi. Perjuangan Bambang untuk mendapatkan hak master tersebut tidak mudah, ia harus menyisihkan lebih dari tiga belas ribu pesaing.

Sebelum membuka McDonald’s pertama di Indonesia, Bambang diwajibkan untuk mengikuti training selama satu tahu di Australia. Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Selama masa training tersebut ia melakukan semua pekerjaan yang ada di restoran McDonalds, mulai dari yang sederhana seperti membersihkan toilet hingga pekerjaan tingkat manajerial.

Pada tanggal 22 Februari 1991, restoran McDonald’s pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin, Jakarta. Cabang ini mempekerjakan 460 kru dan 26 manajer. Setelah cabang pertama ini, McDonald telah memiliki lebih dari seratu cabang di seluruh Indonesia.

Restoran McDonald’s bisa berkembang hingga menjadi seperti sekarang karena kegigihan dan kejeniusan Kroc, tanpa mengurangi rasa hormat kepada McDonald’s bersaudara yang telah merintisnya.

McDonald’s kini menjadi raksasa bisnis franchise makanan terbesar di dunia. Sampai pada tahun 2004, restoran McDonald’s memiliki 30 ribu cabang restoran di seluruh dunia dengan rata-rata 50 juta pengunjung.

Recommended Posts

Leave a Comment

Hubungi Kami

Anda bisa mengirim email kepada kami diluar jam kerja, karena kami mungkin tidak online, respon 1x24 jam

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

kemasan fried chicken