Rahasia Perjalanan KFC Menjadi Bisnis Fried Chicken yang Mendunia

 In lifestyle, Uncategorized

Hampir semua orang di Indonesia pernah mampir di gerai ayam goreng Kentucky Fried Chicken, bahkan mungkin sudah hafal rasanya bagi mereka yang sangat gemar dan hobi menyantap sajian tersebut.

Ternyata ayam goreng produk Amerika ini memiliki sejarah panjang sehingga menjadi salah satu resep kesukaan masyarakat dunia. Lebih dari satu miliar ayam goreng Kentucky Fried Chicken atau KFC dinikmati setiap tahunnya di seluruh dunia.

Ayam goreng tersebut adalah hasil dari racikan resep Colonel Harland Sanders. Selain itu unit restoran Kentucky Fried Chicken menjadi salah satu penguasa pangsa pasar dengan menguasai 40% pangsa untuk kategori junk food restaurant.

Sudah banyak sekali orang yang menikmati produk-produk KFC namun hanya sedikit yang mengetahui sejarahnya.

Berikut adalah sejarah dari KFC.

logo kfc

Logo KFC yang iconic

Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Ayahnya meninggal pada tahun 1895, saat dia masih berusia enam tahun, sehingga ibunya pun terpaksa memikul tanggung jawab untuk memenuhi ekonomi keluarga.

Kondisi yang ada mengharuskan Harland Sanders merawat kedua adik kandungnya termasuk memasak untuk keluarganya. Kepiawaian Sanders memasak telah terasah sejak kecil sehingga ia menjadi koki yang handal bahkan sebelum beranjak dewasa.

<!–nextpage–>

Di usianya yang masih sepuluh tahun ia juga membantu tetangganya di pertanian dan mendapat upah dua dollar setiap bulannya. Pada usia tiga belas tahun, Ibunya menikah lagi dan Sanders memutuskan untuk meninggalkan rumah dan bekerja serabutan, mulai juru parkir, pemadam kebakaran, tentara hingga sales asuransi.

Saat bekerja menjadi juru parkir ia hanya mendapa upah yang jauh dari standard. Hal ini yang kemudian memtuskannya pada tahun 1906 untuk masuk ke tentara dan ia dikirim ke Kuba.

Tak lama setelah kepulangannya dari Kuba itu, ia kemudian pensiun dari angkatan darat. Namun akhirnya ia menyesali keputusannya karena hidup dengan mengandalkan uang pension saja ternyata tidaklah cukup. Sanders kemudian bergabung menjadi tim pemadam kebakaran kereta api.

Pada masa – masa itu juga, Sanders belajar hukum hingga akhirnya ia memperoleh ijazah di bidang hukum. Namun nasib baik belum juga menghampiri Sanders, meskipun ia sudah sering menangani kasus di beberapa pengadilan di Little Arkansas, namun dia merasa penghasilannya masih kurang.

Oleh karena itu, bagi Sanders ijazah yang telah diperolehnya tidak ada gunanya. Sanders akhirnya meninggalkan profesi pengacara dan membuka sebuah stand untuk servis mobil pada tahun 1929 di Corbin, Kentucky.

Memulai Menggeluti Masakan Ayam

Pada tahun 1930, di tengah masa depresi hebat yang melanda Amerika Serikat, Sanders mulai memasak ayam goreng untuk para pelancong yang singgah di bengkelnya yang terletak di Kentucky.

Hal ini didadasari dari seorang turis yang mengatakan bahwa di daerah Sanders tidak ada tempat makan yang enak dan nyaman.

Kemudian Sanders memulai dari sebuah ruangan kecil, yaitu sebuah gudang di belakang stand bengkelnya. Sanders mengubahnya menjadi sebuah rumah makan kecil yang menjual ayam goreng dan sayur segar. Rumah makan Harland Sanders begitu terkenal.

Sejak saat itu banyak orang yang dating ke tempatnya bukan untuk memebetulkan kendaraannya, namun untuk dapat mencicipi nikmatnya makanan buatan Sanders.

Akhirnya ia menutup bengkelnya dan mengubahnya menjadi sebuah rumah makan yang ia beri nama “Café Sanders”.

Penemuan Teknik Memasak Makanan KFC

Usaha Harland Sanders semakin berkembang dan kini rumah makannya telah memiliki seratus empat puluh dua orang karyawan.

Ia pun kemudian mengembangkan usahanya dengan mengikuti sebuah pelatihan tentang manajemen rumah makan dan hotel selama delapan minggu di Universitas Cornell.

Sanders ingin terus menyempurnakan produknya yang utama yaitu ayam goreng, namun ia tidak suka dengan cara memasak klasik yaitu dengan menggunakan minyak goreng yang tidak bisa menghasilkan rasa seperti yang diinginkannya.

Pada tahun 1939, Harland Sanders menemukan cara jitu untuk menggoreng ayam. Salah satu hal yang membantu penemuan barunya tersebut adalah penemuan pressure cooker atau panci bertekanan yang dapat menghasilkan ayam lezat dan segar dalam waktu sepuluh detik dengan cara dikukus di atas uap.

Cara tersebut sangat baik karena tdak menghilangkan rasa dan bau yang lezat serta tidak menggunakan minyak.

Setiap tahun, Harland Sanders selalu melakukan percobaan untuk mengembangkan ayam gorengnya hingga akhirnya ia menemukan resep spesial ayam goreng yang terdiri dari rempah – rempah dan bumbu – bumbu rahasia yang dikenal dengan Sebelas bumbu rahasia KFC.

 

Ayam goreng dengan 11 bumbu rahasia

Lika-Liku Perjalanan Harland Sanders Mengembangkan KFC

Harland Sanders mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke rumah makan di wilayah Outta, Amerika Serikat. Harland Sanders turun ke pasar-pasar untuk mempromosikan ide penjualan ayam gorengnya, meski sudah tua dan terserang penyakit rematik namun ia tidak menyerah.

<!–nextpage–>

Harland Sanders terkadang terpaksa harus tidur di dalam mobil karena tidak cukup untuk memenuhi sewa hotel. Selama dua tahun berkeliling, Harland Sanders hanya dapat menjual resep ayam gorengnya ke lima rumah makan saja.

Resep ayam yang ia tawarkan lebih banyak di tolak dan ditertawakan. Lebih dari 1000 penolakan yang ia terima dari orang-orang, namun tanpa kenal menyerah dan yakin akan berhasil, ia terus berusaha.

Hingga ketika usia kolonel Harland Sanders menginjak ke tujuh puluh tahun, jumlah rumah makan yang menjadi bagian dari franchise KFC-nya mencapai dua ratus tempat, di Amerika Serikat dan Kanada.

Setelah memiliki lebih dari dua ratus franchise, Harland Sanders berhenti berkeliling karena banyak orang yang datang ke tempat tinggalnya untuk berkonsultasi.

Akhirnya, dia dibantu oleh sang istri meracik resep makanan yang terdiri dari beberapa jenis tanaman rempah – rempah dan bumbu – bumbu, lalu menjualnya melalui pos. Hingga sekarang, resep tersebut tidak diketahui kecuali segelintir orang.

Rintangan Yang Dihadapai Di Saat Bisnis Maju

Rintangan kfcWalaupun bisnis KFC sangat berkembang pesat tetapi ibarat tiada gading yang tak retak, muncul banyak protes dan kritikan atas bisnis ayam goreng ini.

Sebelum mengiklankan brandnya dengan merek dagang KFC, Kentucky Fried Chicken mendapat kecaman keras dari berbagai kalangan kritikus karena penggunaan kata Fried berkonotasi negatif dan menunjukkan bahwa segala jenis makanan yang digoreng bukanlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Serta memunculkan berbagai kemungkinan atas efek-efek buruk bagi kesehatan manusia di masa mendatang. Tidak hanya itu kata ‘Fried’ juga dituding memunculkan pernyataan yang terkesan penyiksaan terhadap hewan.

Munculah demo di mana-mana menentang keberadaan KFC karena KFC tidak menciptakan menu masakan yang sehat dan bergizi selain itu proses penggorengan ayamnya pun dinilai tidak sesuai dengan etika pemanfaatan hewan sebagai sumber konsumsi.

Untuk keluar dari permasalahan ini dan kembali menarik simpati masyarakat atas keberadaan KFC, pihak KFC menemukan solusi yaitu dengan menyingkat nama Kentucky Fried Chicken menjadi KFC sebagai bentuk pengelakkan atas tuduhan konotasi ‘fried’ yang dinilai tidak sehat oleh praktisi kesehatan di Amerika.

<!–nextpage–>

KFC Bukan Kentucky Fried Chicken Tetapi Kitchen Fresh Chicken

Pada tahun 1994 perusahaan mengubah sedikit informasi yang terkandung dalam brand KFC, brand KFC jika tidak disingkat tidak lagi menunjuk pada Kentucky Fried Chicken tetapi menjadi Kitchen Fresh Chicken walaupun di benak masyarakat KFC tetap merupakan singkatan atas Kentucky Fried Chicken.

Usaha ini dilakukan demi mengembalikan kepercayaan masyarakat bahwa ayam goreng yang diproduksi merupakan ayam goreng yang dimasak secara higienis dan dibuat dari bahan-bahan yang benar-benar fresh dan juga menggunakan kemasan makanan yang aman serta menarik.

Alasan ini merupakan alasan yang cenderung lebih untuk menjaga imej di depan masyarakat dan mencegah pelanggan untuk mengkonsumsi produk restoran junk food sejenis.

Selain itu singkatan KFC dinilai lebih menunjukkan bahwa menu masakan di restoran ini tidak terbatas hanya ayam goreng karena kenyataannya memang KFC tidak hanya menjual masakan yang digoreng tetapi ada beberapa masakan lain yang tidak digoreng.

Untuk alasan terakhir sebenarnya hanya alasan teknis mengapa Kentucky Fried Chicken menyingkat namanya menjadi KFC.

Dan hingga saat ini KFC terus aktif mengembangkan gerai restonya dengan menu-menu makanan andalan dan juga promo kfc di tahun 2018 ini semakin banyak dicari orang agar mereka (konsumen setia) bisa mengkonsumsi menu KFC lebih hemat dari harga normal.

Salah satu franchise kfc di Indonesia

Kemasan Box Fried Chicken Full Box KFC

KFC terus mengembangkan usahanya dengan menambahkan menu-menu yang sesuai dengan selera lokal serta mengembangkan kemasan makanan seperti kemasan box fried chicken atau gelas plastik softdrink. Paling tidak sampai saat ini KFC berhasil menjual 3500 waralaba di 80 negara di seluruh dunia dengan pertumbuhan profit yang terus meningkat tajam. Berikut beberapa gambar full box KFC :

full box kfc box kemasan fried chicken kemasan box fried chicken

Recommended Posts

Leave a Comment

Hubungi Kami

Anda bisa mengirim email kepada kami diluar jam kerja, karena kami mungkin tidak online, respon 1x24 jam

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

box kemasan burger