Memahami Cetak Dus Kemasan yang Baik

 In Dus Kemasan

Apakah anda ingin mencetak dus kemasan yang baik?

Ingin produk tampil lebih maksimal?

Maka Anda berada di halaman yang tepat, yang bisa membantu Anda dalam menggali informasi mengenai desain kemasan dan juga kertas yang dipakai untuk kemasan produk.

Dalam hal Cetak dus kemasan atau box packaging harus perlu diperhatikan dalam hal produksi baik produk makanan, baju, sparepart motor/mobil dan aneka macam produk lainnya.

Perusahaan-perusahaan yang membuat suatu produk tentunya juga sangat mengedepankan hal cetak dus kemasan, baik dari segi biaya, desain dan bahan yang akan digunakan.

Tentunya sebagai produsen apalagi produsen pemula, dalam membuat produk serta kemasannya harus paham tentang desain produk dan juga kemasan terutama pada bahan apa yang nantinya akan dipakai.

Nah, berikut beberapa informasi dari kami mengenai aneka macam bahan kertas yang biasanya dipakai untuk membuat kemasan. Tapi sebelumnya akan kita bahas dulu tentang macam-macam kertas.

Mengenal Aneka Macam Bahan Kertas

cetak dus kemasan

Sebenarnya jika berbicara tentang kertas maka sangat banyak sekali jenisnya, hal ini karena tujuan dari penggunaannya pun berbeda-beda demi mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

Dalam dunia percetakan khususnya pada bahan kertas, setidaknya mereka mengenal 3 macam kertas yang biasanya dipakai dalam percetakan, Apa itu?

  • Uncoated Paper

Uncoated Paper itu Apa? Sebuah pertanyaan yang bagus yang akan kami terangkan di sini. Uncoated paper adalah jenis kertas yang memiliki karakter agak kasar, dimana kertas ini memiliki sifat bisa menyerap lebih banyak tinta/benda-benda yang bersifat cair.

Kertas jenis ini jarang sekali dipakai untuk pembuatan dus kemasan, melainkan biasanya dipakai untuk Koran, Kertas Buram, Kertas HVS, Kertas kantong teh, dll.

Jenis kertas ini sangat cocok jika dicetak dengan kata-kata, karena jenis kertas ini sangat nyaman dirasakan ketika dibaca terlebih lagi pada huruf-huruf yang kecil dan juga kertas ini tidak memantulkan cahaya jadi lebih aman untuk mata.

  • Coated Paper

Coated Paper adalah kertas uncoated paper yang dilapisi dengan elemen lain atau gampangnya adalah kertas yang memiliki elemen lain. Sifat teksturnya tidak mudah sobek karena memiliki lapisan lain.

Kertas coated paper bersifat lebih halus, bahkan bisa mengkilap, bisa juga memiliki tekstur yang bermotif aneka macam dan juga kertas ini lebih tahan terhadap cuaca, berbeda dengan kertas uncoated paper yang memiliki sifat yang lebih mudah hancur.

3 Macam jenis kertas yang perlu diketahui yaitu ; Coated Paper, Uncoated Paper dan Absorption Paper

Dalam hal penggunaan kertas ini banyak diguanakan dalam membuat brosur, poster, dus kemasan / pacakaging atau digunakan untuk alat promosi lainnya.

Jenis kertasnyapun cukup banyak mulai jenis Art Carton, Art paper, kertas foto, ivory, duplex.

  • Absorption Paper

Sedangkan absorbtion paper adalah jenis bahan yang tidak memiliki daya serap tinggi, biasanya dalam mencetak jenis ini memerlukan tambahan elemen lain agar tulisan atau gambar hasilnya lebih baik dan nyaman dilihat.

Jenis kertas ini seperti halnya kertas Vinyl, aluminium foil, art syntetic paper, yupo, gold foil, dll.

Karena jenis bahan ini tidak memiliki daya serap, maka tahap pencetakannya memerlukan perhatian khusus seperti tidak menempelkan hasil cetakan karena harus menunggu untuk kering terlebih dahulu. Jenis tintanya pun cepat mengering berbeda denga tinta biasa.

Setelah kita mengetahui aneka macam jenis kertas berdasarkan bahan baku yang digunakan, kini saatnya kita mengetahui lebih lanjut mengenai jenis kertas berdasarkan fungsinya, terutama kertas yang biasa difungsikan sebagai bahan untuk mencetak dus kemasan.

Jenis Bahan Kertas Untuk Cetak Dus Kemasan

Kemasan yang bagus tentunya harus memiliki syarat yang mencukupi untuk dikatakan sebagai kemasan yang bagus, seperti kecocokan penggunaan bahan kemasan pada produk hingga bentuk dan desain grafis yang digunakan, semua parameter ini harus disesuaikan dengan tujuan dari sisi produk maupun dari sisi pengenalan produk ke konsumen.

Jika semua sisi baik dari produk dan desain hingga bentuknya dirasa sudah mencukupi dan memiliki keunikan tertentu, maka pengenalan produk ke konsumen akan lebih mudah di terima.

Bayangkan jika desain produknya jelek, bahan kemasannya tidak layak untuk produk tersebut maka dipastikan produknya pun ikut menjadi buruk di mata konsumen.

Untuk itu, butuh pemahaman baik dari sisi desain, bentuk bahkan bahan kemasan yang akan digunakan untuk cetak dus kemasan.

Oke, agar kalian semua paham akan bahan apa saja sih yang biasa digunakan dalam cetak dus kemasan ini, agar mendapatkan dus kemasan yang ekonomis , fleksibel dan murah.

Langsung saja, ini dia beberapa kertas yang digunakan cetak dus kemasan :

  • Kertas Duplex

cetak dus kemasan duplexKertas duplex merupakan jenis bahan kertas coated, artinya kertas ini memiliki tambahan lapisan diatasnya. Permukaan kertas ini biasanya berwarna putih mengkilap sedangkan bagian bawahnya berwarna abu-abu.

Dalam hal cetaknya, kertas duplex biasanya dicetak 1 sisi, karena hanya permukaannya yang berwarna putih.

Untuk penggunaanya kertas jenis ini banyak digunakan untuk kemasan dus nasi, dus kemasan kue, dus kemasan pakaian, dus kemasan sarung, dan lain-lain.

Penggunaan jenis kertas ini banyak dipakai daripada jenis yang lainnya, karena jenis kertas ini sangat ekonomis dibandingkan dengan kertas lainnya serperti halnya kertas Ivory.

  • Kertas Ivory

cetak dus kemasanKertas Ivory juga termasuk jenis bahan kertas coated, kertas ini biasa memiliki ketebalan 260 gr, 310 gr, 350 gr. Memiliki lapisan luar yang mengkilap dan lapisan bawah yang agak kasar dan berwarna putih susu.

Kertas Ivory umumnya digunakan untuk produk-produk yang menginginkan kesan yang bersih dan istimewa, biasa digunakan untuk produk-produk kosmetik, kemasan dus obat-obatan, kemasan kue yang ekslusif.

Kertas ini bersifat kokoh, sehingga jika untuk produk yang memiliki berat yang lebih jenis kertas ini masih layak digunakan.

Untuk finishingnya produsen produk bisa memberikan kesan Glossy, Doff, bahkan bisa di emboss (kesan timbul pada kemasan)

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah bahan kertas yang sesuai dengan tujuan produk Anda. Murah tidaklah menjamin produk yang berkualitas.

  • Kertas Duplex Putih (CWb)

dus kemasan duplex putih Kertas ini hampir sama seperti duplex akan tetapi bawahnya yang berwarna putih, kesan bersih akan tampak jika memakai bahan ini, untuk kekuatan kertasnya masih bagus kertas ivory sedangkan ketebalannya 230gr, 250gr, dan 300gr.

Kertas ini biasa digunakan untuk cetak kemasan dus makanan.

  • Yellow Board

kertas yellow board untuk dus kemasanKertas ini memiliki ketebalan khusus yang biasa dipakai dalam produk hard cover.

Kertas ini tidak bisa dicetak menggunakan mesin offset melainkan harus dilapisi dengan kertas seperti art paper/ linen.

Produk-produk yang membutuhkan keamanan khusus biasanya memakai kertas ini, seperti dus HP, dus produk-produk branded seperti Kacamata.

Aneka Macam Finishing Dus Kemasan

Setelah mencetak langkah selanjutnya adalah memilih finishing, langkah ini sebenarnya optional karena untuk tambahan finishing juga menambah biaya juga.

Oleh karena itu kebanyakan pelanggan ada yang memakai finishing ada juga yang tidak, semua tergantung budget dan fungsi penggunaannya dalam pengemasan produk.

Oke, berikut beberapa macam finishing dalam pembuatan dus kemasan :

  • Laminasi Glossy

Laminasi Glossy adalah memberikan lapisan plastik diatas bahan kertas yang dicetak sehingga menimbulkan kesan yang mengkilap dan lebih tahan terhadap air.

  • Laminasi Doff

Berbeda dengan glossy yang memberikan kesan yang mengkilap, lapisan doff ini memberikan kesan mate yang sangat bagus diaplikasikan pada warna-warna gelap.

  • Laminasi UV

Laminasi ini memberikan kesan mengkilap akan tetapi tidak terlalu tahan terhadap air, hasilnya pun lebih bagus Glossy.

  • Emboss

Emboss adalah memberikan kesan timbul pada kemasan yang akan di cetak, seperti menimbulkan huruf-huruf maupun gambar, dalam embos ini juga bisa ditambahkan warna emas maupun silver.

Oke. Sekian dulu pembahasan kali ini, jika Anda merasakan manfaat dari artikel ini silahkan untuk menshare artikel ini, agar yang lainnya pun mendapatkan manfaat.

Salam sukses selalu untuk Anda semua di manapun berada.

Recommended Posts
Showing 2 comments
  • DStore
    Reply

    HALO OM..SY RENCANA MAU BIKIN BOX GIFT SPT BOX2 DUS HP YG KOKOH ITU. ITU BOX HP JENIS & NAMANYA APA OM? APA ITU IVORY? ATAU DI ATAS IVORY? TRIMS OM.

    • aurapack.id
      Reply

      Untuk dus / box HP biasanya memakai karton yang kemiduan dilapisi oleh art paper

Leave a Comment

Hubungi Kami

Anda bisa mengirim email kepada kami diluar jam kerja, karena kami mungkin tidak online, respon 1x24 jam

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

desain dus makanan unik