7 Macam Kemasan Makanan Khas Daerah yang Terkenal

 In Dus Kemasan

Berbicara mengenai kemasan makanan khas daerah tidaklah mudah karena sebenarnya banyak sekali varian-varian model kemasan yang digunakan, mulai dari bahan alam seperti dedauan, bambu, dll mereka gunakan untuk membungkus jajanan khas di tiap daerah khususnya di Indonesia ini.

Untuk itu, kali ini tim penulis dari Aurapack.id akan mengulas contoh makanan khas oleh-oleh suatu daerah yang terkenal dan tentunya juga mengulas tentang kemasannya yang dipakai seperti apa spesifikasinya.

Berikut 7 Macam Kemasan Makanan Khas Daerah yang Terkenal

1. Kek Pisang Villa Khas Daerah Batam

Walaupun tergolong brand pendatang baru, namun makanan yang dipromosikan sebagai makanan khas daerah batam ini mampu menarik perhatian kebanyakan wisatawan sehingga brand positioningnya sangat kuat dari Kek Pisang Villa ini sebagai buah tangan wisatawan yang baru berkunjung ke Batam.

Berdiri pada tahun 2007 kek pisang ini bermula dengan nama Banana Cake, kini berubah menjadi Kek Pisang Villa dengan slogannya “Oleh-oleh Khas Batam” dan saat ini bisnisnya sudah memiliki puluhan outlet di Batam.

Tentunya memajukan bisnis yang mengatasnamakan oleh-oleh khas daerah membutuhkan kreatifitas yang unik dan tanpa batas, contoh hal yang cukup penting adalah soal kemasan atau packaging.

Seseorang yang menginginkan membawa oleh-oleh dari suatu daerah tentunya penampilan sangat berpengaruh besar terhadap hasil penjualan, karena kebanyakan mereka selain dikonsumsi sendiri mereka juga memberikannya kepada baik itu tetangga atau kerabat-kerabat dekat mereka.

Oleh karena itu kemasan yang menarik akan memberikan kesan yang lebih bagi para wisatawan yang sedang berkunjung, apalagi dengan produk yang disajikan benar-benar berkualitas dan lezat, maka merek Anda akan semakin diingat oleh wisatawan. Jika mereka berkunjung kembali ke daerah tersebut mereka akan kembali lagi untuk membeli oleh-oleh di toko milik Anda.

Berikut penampilan dus kemasan makanan khas daerah Batam “Kek Pisang Villa”

kemasan makanan khas daerah batam
kemasan makanan khas daerah
kemasan makanan khas daerah batam

2. Siropen Telasih – Syrup Legenda dari Surabaya

Syrup legenda tampaknya gelar ini memang cocok untuk diberikan kepada Siropen Telasih. Mengapa begitu?

Karena sirup ini sendiri didirikan sejak masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1923 masehi oleh orang Belanda yang bernama JC Van Drongele. Meski umur pabrinya sendiri sudah tua tetapi bangunannya masih kokoh berdiri dengan budaya artistik ala Eropa di Jl. Mliwis No. 05 Kota Surabaya.

Konon pada masa penjajahan Belanda di sini, sirup ini tidak sembarangan disajikan, melainkan penyajiannya ini ditujukan khusus untuk kalangan bangsawan dan perwira Belanda saja pada waktu itu.

Hmm… Jadi penasaran juga ya bagaimana rasanya dari sirup legenda ini.

Minuman merek siropen ini bahannya masih alami tanpa menggunakan pemanis buatan dan hingga saat ini kebanyakan sirup ini dipakai bahan dasar oleh restoran kelas atas karena cita rasanya yang sudah terbukti melegenda.

Mengenai kemasannya sendiri cukup unik dan mengesankan. Kesan mewah dan khas muncul dari produk siropen telasih ini, cocok sekali untuk segmen oleh-oleh dari Surabaya.

Nah, jika kalian sedang main di Surabaya tidak ada salahnya jika mampir untuk membeli Siropen ini di Jalan Mliwis No.5, Krembangan Selatan, Krembangan, Krembangan Sel., Surabaya, Kota SBY.

Untuk harga sirup ini Per botolnya dijual sekitar Rp. 40.000

Berikut Kemasan Makanan / Minuman khas daerah Surabaya Siropen Telasih :

 

3. Bakpao Telo Malang

Malang yang termasuk banyak memiliki tempat wisata, menjadikan kota ini memang sangat potensial untuk membuka bisnis oleh-oleh khas daerah.

Contohnya oleh-oleh di Malang banyak sekali seperti Bakpao Telo, Malang Strudle, Sari Apel, dll.

  • Bakpao Telo

Bakpao telo adalah makanan khas yang bisa Anda beli di kawasan Malang yang memang hasil bumi berupa umbi/telo di wilayah teersebut sangat melimpah ruah.

Bapkao Telo Malang kini tumbuh dengan pesat memiliki lahan yang luas untuk memanjakan wisatawan menikmati Bakpao telo. Selain Bakpao telo ada juga Bakpia telo dan juga aneka macam olahan yang terbuat dari telo / ketela dalam bahasa Indonesianya.

Berikut Kemasan Makanan Khas Daerah Malang Bakpao Telo :

4. Pie Susu Bali

Nah,jika Batam terkenal oleh oleh kek pisangnya, Surabaya dengan sirupnya yang melegenda dan Malang dengan Bakpao Telonya. Kini saatnya bali unjuk gigi dengan sajian Pie Susu yang terkenal lezat sekali.

cetak box burger

Roti bulat, gepeng dan di dalamnya terdapat selai ini memang nikmat sekali jika diicipi apalagi dengan disandingkan kopi hitam yang nikmat, hmm… dijamin pas bangt rasanya.

Roti yang berbahan dasar Susu ini biasanya dikemas dengan memakai plastik satu per satu, kemudian dipacking di dalam box yang di dalamnya ada kemasan plastik berisi pia.

Berikut penampakan kemasan makanan khas daerah bali Pie Susu :

kemasan makanan khas daerah bali

Jika kalian berniat untuk membeli pie susu ini, maka kami sarankan kalian untuk mencari merek yang terkenal lezat, karena di luaran ternyata banyak sekali aneka macam mereknya. Nah, berikut ulasan merek terenak Pie Susu Bali menurut sumber Bacaterus.com

  1. Pie Susu Merek Dhian
  2. Pie Susu Merek Enaaak
  3. Pie Susu Merek Asli Bali
  4. Pie Susu Merek Sari
  5. Pie Susu Merek Santi
  6. Pie Susu Merek Special
  7. Pie Susu Merek Bli Man
  8. Pie Susu Merek Gayatri
  9. Pie Susu Merek Cening
  10. Pie Susu Merek Barong

Baca Juga : 7 Macam Template Untuk Membuat Kemasan

5. Otak-otak Bandeng Khas Daerah Gresik Jawa Timur

Gresik adalah daerah penghasil ikan Bandeng yang lumayan cukup besar di provinsi Jawa Timur. Untuk itu kota ini memiliki makanan khas dari ikan bandeng, yaitu Otak-Otak Bandeng.

Otak-otak ini berbeda dengan otak-otak di daerah lainnya semisal Palembang atau Jakarta, bila mana kebanyakan otak-otak dibungkus dengan daun pisang lain halnya dengan otak-otak bandeng khas gresik, otak-otak jenis ini dibentuk seperti mirip ikan bandeng.

Perlu kita tahu bahwa otak -otak ini adalah makanan dari daging ikan bandeng yang sudah dicabut durinya dan dibumbui dengan kelapa yang kemudian di bakar. Rasanyapun sungguh nikmat, apalagi jika dibarengi dengan nasi putih hangat, dijamin enaknya mantab.

kemasan makanan khas daerah

kemasan makanan khas daerah gresik

6. Lempuk Durian Khas Bengkulu

Lempuk / lempok durian merupakan makanan khas di daerah Sumatera. Seperti halnya bengkulu, makanan ini diprosees hampir sama seperti pembuatan dodol, namun bahan yang dicampurkan di sini adalah buah durian yang sangat banyak digandrungi masayarakat.

Sebagai daerah yang berpenghasilan durian yang melimpah, maka hal yang sangat tepat sekali jika provinsi ini membuat makanan oleh-oleh yang terbuat dari buah Durian.

kemasan makanan khas daerah bengkulu

kemasan makanan khas daerah bengkulu

7. Makanan Khas Banjarmasin

  • Wadai Rangai

Wadai Rangai termasuk jenis kue yang trbuat dari bahan sagu, biasa dijadikan sebagai makanan ringan keluarga.

Karena sangat populernya makanan ini di Kalimantan Selatan, maka dijadikanlah makanan ini sebagai buah tangan jika kalian singgah atau berwisata di Kalimantan Selatan khususnya di daerah Banjarmasin.

 

  • Rabuk Ikan Haruan

Rabuk ikan haruan adalah sejenis abon abonan. Sedangkan haruan sendiri adalah nama lain daripada ikan gabus. Jadi Rabuk haruan adalah Abon Ikan Gabus yang memiliki citarasa gurih yang cocok dipadukan lauk untuk santapan makan Anda.

Berikut penampilan dari kemasan makanan khas daerah Banjarmasin Rabuk Haruan :

kemasan makanan khas daerahkemasan makanan khas daerah

 

Berencana untuk membuat oleh-oleh makanan khas daerah Anda?

Dan membutuhkan pembuatan kemasan produk Anda?

Aurapack.id solusinya, Anda bisa membuat kemasan produk Anda dengan jumlah yang kecil yaitu min. 1000 kemasan.

Informasi lebih detail bisa kontak kami langsung di : 0813-9292-8487

Nah, itulah ulasan kami kali ini, semoga Anda mendapatkan inspirasi dari postingan kami kali ini, jika merasa artikel ini menarik, kalian bisa membagikannya melalui kanal social media kalian di bawah ini

Recommended Posts

Leave a Comment

Hubungi Kami

Anda bisa mengirim email kepada kami diluar jam kerja, karena kami mungkin tidak online, respon 1x24 jam

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

cetak dus brownies