15 Tips Sukses Untuk Membantu Anda Memulai Bisnis Fried Chicken

 In Kemasan Box, lifestyle

Bagi seorang pemula tentu akan merasakan kebingungan ketika hendak memulai sebuah usaha fried chicken secara mandiri, meliputi berapa modal usaha yang dibutuhkan, bagaimana cara pembuatan fried chicken yang enak dan renyah, berapa keuntungan usaha fried chicken, kiat sukses bisnis fried chicken, bagaimana cara membuat proposal usaha fried chicken, dan lain sebagainya.Untuk lebih lengkap dan membantu para pemula dalam bisnis fried chicken,

Berikut ini 15 cara membuka usaha fried chicken buat pemula untung jutaan, antara lain:

1. Membekali diri dengan pengetahuan dunia bisnis dan kewirausahaan fried chicken

Sebelum terjun ke dunia bisnis, baiknya membekali diri dengan pengetahuan, ibarat kata sedia paying sebelum hujan. Agar tidak salah langkah nantinya perlu untuk diketahui cara menjual yang banyak, cara memenangkan persaingan usaha, cara melayani konsumen dan pelanggan, cara mendesain box fried chicken, analisis SWOT dan lain-lain.

2. Menentukan konsep usaha fried chicken

Tidak usah muluk-muluk, usaha fried chicken dapat dimulai dengan membuka bisnis fried chicken dengan konsep gerobak kaki lima, rumahan maupun konsep kedai dan restoran bila memiliki modal yang cukup.

Selain itu konsep usaha ayam fried chicken bisa menggunakan waralaba. Semua pilihan harus ditentukan terlebih dahulu berdasarkan modal dan kemampuan dari masing-masing calon pelaku usaha.

3. Menyediakan modal operasional usaha yang mencukupi

Modal usaha sangatlah penting dalam menjalankan bisnis, tanpa modal yang cukup seringkali usaha berhenti di tengah jalan. Modal operasional yang dibutuhkan untuk membuka usaha fried chicken dari awal hingga buka bermacam-macam tergantung dari pilihan konsep usaha yang diinginkan.

Modal dapat dimulai kurang dari 10 juta hingga puluhan juta rupiah. Untuk memulai usaha tidak harus memaksa dengan modal yang besar, cukup dimulai dengan kemampuan masing-masing menyediakan modal.

Apabila sudah memiliki tempat dan peralatan sebelumnya akan membuat modal yang dibutuhkan tidak besar. Modal usaha operasional digunakan untuk biaya operasional, eperti gaji pegawai, sewa lokasi, belanja bahan baku dan lain sebagainya.

4. Pemilihan tempat usaha strategis

Tempat menentukan seberapa besar potensi pasar yang akan membeli produk. Gerai usaha fried chicken memerlukan lokasi usaha yang strategis untuk meningkatkan penjualan perhari.

Dengan lokasi usaha yang strategis maka masyarakat akan mengenal keberadaan bisnis fried chicken yang dijalani. Tempat usaha yang cocok bagi usaha fried chicken antara lain berada di pinggir jalan yang padat penduduk dan banyak orang lalu lalang, dekat kantor, sekitar tempat wisata, dekat sekolah, kampus, dan pasar. Usaha juga dapat dimulai dari rumah sendiri apabila rumah berada di lokasi yang strategis seperti yang disebutkan.

5. Menyediakan peralatan dan perlengkapan usaha fried chicken

Peralatan yang diperlukan eliputi kompor gas, wajan, dll. Untuk tampilan perlu juga disiapkan kemasan fried chickennya yang menarik dan juga box gerobak chicken atau layout restoran harus disetting sedemikian rupa.

Pada awal usaha, bisa saja membeli peralatan dan perlengkapan usaha yang murah tapi tentu harus dipertimbangkan kualitas yang bagus. Dapat juga memanfaatkan peralatan yang sudah ada di dapur.

Dengan peralatan usaha yang lengkap sudah tersedia akan memperlancar proses produksi usaha fried chicken hingga penjualan. Selain peralatan dan perlengkapan memasak juga siapkan peralatan dan perlengkapan penyajian seperti sendok, garpu, gelas, piring, tisu dll.

6. Memiliki resep pembuatan ayam goreng fried chicken

Dalam bisnis kuliner seperti halnya usaha fried chicken, rasa menjadi hal paling mendasar untuk diperhatikan. Dengan rasa fried chicken yang enak, gurih dan renyah akan mampu membuat konsumen puas, gembira dan ketagihan yang selanjutnya jadi pelanggan tetap.

Namun apabila sebaliknya, rasa fried chicken buatan tidak enak dan tak sesuai keinginan konsumen maka konsumen akan kapok berkunjung ke gerai usaha fried chicken.

7. Belajar kepada mentor

Di berbagai tempat biasanya terdapat beberapa pengusaha ayam fried chicken yang sukses dan kaya raya. Anda sebagai pemula dalam bisnis ayam goreng berbalut tepung ini sangat disarankan untuk berguru langsung kepada mentor yang sukses sebelum memulai usaha fried chicken di lapangan.

Hal ini berguna untuk memperlancar usaha fried chicken anda. Dari mentor yang sukses dan berpengalaman ini anda akan belajar cara mengatasi hambatan dan kendala, cara mengembangkan usaha fried chicken hingga sekelas Sabana Fried Chicken bahkan KFC.

8. Penentuan harga jual fried chicken

Untuk menentukan harga jual fried chicken maka anda bisa menyesuaikan dengan harga pasaran saat ini. Harga fried chicken bagian sayap, paha dan dada sama saja sekitar Rp 7000 sampai Rp 10 ribu.

Namun jika anda ingin usaha fried chicken laris manis bisa menjual lebih banyak maka anda harus menjual fried chicken lebih murah sedikit dari pesaing. Misalkan dengan harga Rp 6000 perpotong. Meskipun lebih murah apabila terjual banyak maka keuntungan pun akan bertambah.

9. Cetak box fried chicken yang menarik

Kemasan / cetak box fried chicken yang unik juga akan menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli. Anda dapat menggunakan box makanan kertas, sterofoam maupun plastik. Bila anda tidak dapat mendesain, serahkan saja pada cetak box makanan yang terdapat di daerah anda.

10. Promosi yang efektif dan konsisten

Promosi yang gencar perlu dilakukan untuk memperkenalkan usaha fried chicken yang anda jalani. Dengan penawaran menarik membuat orang tertarik untuk membeli ayam fried chicken yang anda jual.

Ada berbagai jurus promosi yang bisa anda pakai, antara lain promosi lewat sosial media, pasang pamflet, membagikan brosur, promosi dari mulut ke mulut dll.

11. Layanan terbaik

Di tengah persaingan bisnis fried chicken yang semakin ketat membuat anda harus unik dan lebih memperhatikan pelayanan usaha. Harga ayam fried chicken mungkin sama tapi anda harus memberikan kualitas pelayanan yang berbeda yaitu pelayanan prima yang mampu memuaskan konsumen.

Seperti menjaga kebersihan lingkungan gerai usaha fried chicken sobat, selalu tampil bersih, rapi dan selalu tersenyum. Sehingga membuat pembeli nyaman dan betah berada di gerai usaha ayam fried chicken sobat.

12. Menarik sebanyak mungkin mitra

Jika usaha ayam goreng fried chicken anda laris manis dan berkembang pesat, tak ada salahnya anda untuk membuka gerai usaha fried chicken di daerah lain yang lebih potensial. Sehingga pangsa pasar lebih luas dan keuntungan bisa didapatkan lebih besar lagi.

Dengan sistem mitra waralaba maupun merekrut tenaga karyawan baru u

ntuk ditempatkan di daerah tertentu. Cara ini efektif berhasil melejitkan pendapatan bisnis fried chicken. Untuk mendapatkan mitra usaha pilihlah mitra usaha yang ahli, berpengalaman dan terpercaya.

Lihatlah bagaiaman cara dan kisahnya McDonald’s bisa meraih kepercayaan miranya yang banyak sehingga bisa merajai di bisnis fast food.

Baca Artikel Lain : SEJARAH PANJANG PERJALANAN MCDONALD’S MENJADI RAKSASA FASTFOOD DUNIA

13. Inovasi

Supaya konsumen dan para pelanggan tidak bosan dengan jenis ayam goreng fried chicken yang ada maka anda bisa menambahkan dengan variasi fried chicken rasa pedas, rasa keju maupun rasa lainnya yang belum pernah ada di pasaran. Selain itu juga perlu inovasi box makanan fried chicken unik sehingga konsumen tertarik untuk membeli kembali.

14. Kerja keras

Pada awal merintis usaha fried chicken pastinya anda belum memiliki pelanggan sama sekali. Agar usaha anda sukses tidak bisa dengan berleha-leha.

Anda harus bekerja keras sehingga usaha ayam goreng crispy ini bisa berkembang besar dan dikenal banyak orang. Kerja keras dalam berpromosi maupun mengelola dan menjalankan usaha.

15. Pantang menyerah

Pastinya anda akan menghadapi berbagai kendala dan rintangan selama membuka usaha fried chicken. Namun hal tersebut jangan membuat anda surut ke belakang. Hadapilah masalah tersebut dan cari solusi sehingga anda bisa mengatasi masalah yang menghambat bisnis fried chicken anda.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

box kemasan burgercetak dus brownies