13 Contoh Kemasan Makanan Unik dan Kreatif yang Menginspirasi

 In Dus Kemasan, Kemasan Box, Uncategorized

Pendahuluan

Contoh Kemasan. Untuk meningkatkan minat pembeli, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat desain kemasan makanan unik, sehingga menambah rasa penasaran.

Semakin menarik dan berbeda desain kemasan makanan, semakin tinggi pula daya tariknya.

Hal ini karena saat pembeli memutuskan untuk mengeluarkan uangnya dan menukar dengan sebuah produk, hal pertama yang dilihat adalah kemasan makanan.

Fungsi Kemasan Makanan

Contoh kemasan makanan selain dapat menarik minat konsumen, sebenarnya memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kemasan makanan dapat membuat makanan menjadi lebih awet karena dapat melindungi produk dari sinar matahari langsung, kelembaban udara hingga benturan yang dapat menyebabkan kerusakan pada produk.
    Kemasan makanan dapat membuat produk menjadi dikenali. Produk akan memiliki identitas yang berbeda dari produk lainnya.
    Misalkan keripik kentang A dengan keripik kentang B, walaupun sama-sama keripik, namun berbeda contoh kemasan makanan sehingga mudah dikenali.
  • Kemasan makanan dapat menjadi sarana informasi, bahan dan nutrisi apa saja yang terkandung dalam produk dapat dicantumkan pada contoh kemasan makanan tersebut.
    Informasi tersebut ditujukan agar konsumen dapat mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan sebagai pertimbangan untuk membeli produk.
  • Kemasan makanan dapat digunakan untuk sarana promosi seperti diskon, penambahan jumlah isi produk, kampanye berhadiah dalam jangka waktu tertentu atau hal lainnya.
  • Kemasan makanan juga dapat digunakan sebagai kontrol porsi takaran isi, sehingga pembeli dapat dengan mudah memutuskan untuk membeli produk sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dari beberapa hal yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa contoh kemasan makanan memiliki fungsi yang sangat penting pada produk.

Oleh karena itu inovasi pada kemasan makanan mutlak harus dilakukan karena setiap waktu akan selalu berkembang sesuai dengan minat dari konsumen.

Untuk menjadi inspirasi, berikut adalah kemasan makanan yang unik dan kreatif.

Rambut Makaroni dan Spaghetti

contoh kemasan
Kemasan makanan ini lucu dan menarik karena memiliki desain gambar wanita dengan bagian rambut yang transparan.

Bagian kemasan makanan yang transparan membuat makaroni dan spaghetti dapat terlihat sehingga menyerupai rambut perempuan yang berwarna kuning.

Desain bentuk rambut pun juga disesuaikan dengan masing-masing produk.

Pot Bunga dari Kemasan Makanan

contoh kemasan
Di jaman sekarang, sampah plastik sudah meraja lela dan menjadi permasalahan polusi lingkungan. Oleh karenanya kemasan makanan dari bahan kertas dapat menjadi solusi karena dapat didaur ulang.

Seperti kemasan makanan berikut ini yang berasal dari kertas, setelah digunakan dapat dipakai sebagai pot tanaman. Kemasan makanan ini, mirip dengan kemasan makanan dari sterofoam yang biasa dipakai di masyarakat.

Set Nampan Kopi dan Roti

contoh kemasan

contoh kemasan
Kemasan makanan satu ini sangat praktis untuk produk dari kopi dan roti yang dapat dibawa pulang. Terdiri dari box makanan dari kertas dengan ditambahkan selembar kain ditengahnya.

Kain dapat diganti dengan desain kertas seperti pada gambar dua sehingga lebih praktis. Selain menarik, kemasan makanan ini juga memudahkan kosumen yang membawa pulang pesanannya.

Kerucut Pop Corn

contoh kemasan
Kemasan makana satu ini tak kalah uniknya, ditujukan untuk mengemas popcorn. Kemasan makanan berbentuk kerucut ini memiliki dua fungsi yaitu fungsi pertama sebagai wadah saat memakan popcorn

Konsumen tinggal membalik sehingga ujung kerucut posisi di bawah lalu dibuka bagian alas kerucutnya.

Fungsi kedua, saat sudah selesai, tali pada kemasan makanan tersebut dapat ditarik dan kerucut akhirnya menutup sehingga tidak perlu khawatir popcorn akan berjatuhan.

Roti Six Pack

contoh kemasan
Terinspirasi dari bentuk roti sobek yang serupa dengan bentuk six pack perut manusia, kemasan ini menyajikan desain tersebut.

Dengan desain tangan seolah membuka kaos dan bagian perut yang sengaja dibuat transparan sehingga dapat menampakkan bentuk roti.

Desain seperti ini tentunya sangat menarik tidak hanya perempuan namun juga laki-laki yang mendambakan memiliki perut serupa.

Teh Gantungan Baju

contoh kemasan
Kemasan makanan untuk teh ini terlihat seperti baju yang sedang digantung di lemari pakaian lengkap dengan hanger.

Kemasan makanan untuk teh biasanya adalah kantong dengan tali sehingga dapat dicelup berkali-kali di air panas. Sementara untuk kemasan satu ini dapat digantungkan begitu saja pada bibir gelas.

Gigi Permen Pemutih Gigi

contoh kemasan
Sesuai dengan tujuannya untuk memutihkan gigi, kemasan makanan untuk permen ini juga didesain berbentuk gigi.

Desain kumis tebal dan pada bagian mulut dibuat transparan sehingga menampakkan permen pemutih gigi serupa dengan gigi.

Desain seperti ini dapat dengan mudah menarik minat pembeli yang setia dengan produk sejak lama maupun pembeli baru pasti akan dengan mudah mengetahui dari kemasan makanan bahwa produk tersebut untuk pemutih gigi.

Koki Pasta

contoh kemasan

Kali ini kemasan pastanya berbentuk seorang koki gendut. Desain berbentuk box makanan dengan gambar seorang koki dimana bagian tengahnya transparan.

Desain kemasan makanan di dasarkan pada masing-masing jenis produk. Sebagai tambahan ada baiknya juga dicantumkan pula resep masakan dibaliknya sehingga konsumen dapat mengoleksi secara lengkap.

Burung Cereal

contoh kemasan

Cereal adalah makanan kegemaran anak-anak sebagai pengganti nasi. Sewajarnya untuk anak-anak, kemasan makanan untuk produk ini dapat di desain dengan bentuk hewan yang lucu, seperti burung misalnya.

Apalagi bila desain kemasan makanan terdiri dari beberapa jenis hewan sehingga juga dapat menjadi koleksi untuk anak-anak.

Semakin lucu desainnya, anak-anak akan semakin tergoda untuk memiliki, dan seperti produk anak-anak lainnya, bila anak sudah meminta, orangtua akan membelikan.

Fresh From the Oven

contoh kemasan

Desain kemasan makanan ini pasti sulit ditolak oleh konsumen perempuan. Berbentuk box makanan yang berdesain oven dengan bukaan dari samping sehingga jelas sekali visual dari kue yang baru keluar dari oven.

Menarik sekali desain kemasan makanan ini terlebih dilengkapi dengan tombol-tombol yang ada pada oven dan juga sarung tangan. Persis seperti oven sungguhan.

Desain ini, selain unik dan kreatif juga akan memberi sugesti pada konsumen bahwa produk tersebut adalah produk olahan rumah seperti buatan ibu di rumah.

Konsumen pun akan lebih nyaman membeli dan memiliki ikatan emosional.

Box Makanan Daging

contoh kemasan

Kemasan makanan satu ini akan memudahkan pembeli untuk mengenali daging apakah yang ada dalam masing-masing kemasan makanan.

Hal ini karena pada masing-masing kemasan makanan didesain gambar hewan sesuai dengan jenis dagingnya, gambar ayam, kambing, sapi maupun babi.

Dan pada sebagian gambarnya didesain transparan sehingga memperlihatkan dagingnya yang ada di dalam.

Permen Wajah Tersiksa

contoh kemasan

Permen ini memiliki desain kemasan makanan yang nyentrik berupa wajah orang yang seperti tersiksa karena tenggorokannya diplintir dan ditarik dari atas dan bawah.

Dan membuka kemasan makanannya seperti halnya dengan membebaskan para karakter dari siksa tenggorokan.

Wajah yang terdapat pada desain kemasan makanan juga banyak sehingga menarik konsumen untuk mencari tahu bagaimana bentuk gambar lainnya.

Celana Bolu Kukus

contoh kemasan
Kue bolu merupakan salah satu jajanan yang banyak diminati masyarakat.

Untuk membedakan antara bolu kukus satu dengan yang lainnya mungkin dapat menggunakan desain kemasan makanan berikut yang menyerupai seseorang yang sedang memakai celana.

Desainnya memberikan gambar yang lengkap dari celana jeans, dengan resleting celana, bagian ikat pinggang dan kantong celana juga.

Nah ide-ide tersebut menarik untuk dicoba bukan? Karena hal pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan makanan, maka pastikan kemasan makanan produk anda memiliki desain yang unik dan menarik.

Dengan begitu, kelak produk anda akan semakin laris manis di pasaran. Namun juga jangan dilupakan rasa dari produk anda.

Karena percuma bila desain kemasan makanannya menarik namun rasanya standart saja. Selamat mencoba, semoga berhasil ya!

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search